Senin, 21 November 2016

Hati-hati Modus Penipuan Video Call di Whatsapp




Teknounik.com - Pengguna whatsapp kini bisa menikmati fitur panggilan video (video call) di aplikasi tersebut. Terobosan terbaru dari whatsapp ini ternyata malah digunakan oleh oknum-oknum yang tak bertanggung jawab untuk melakukan modus penipuan dan kejahatan.

Modus penipuan yang dilakukan adalah dengan mengiming-iming pengguna untuk mengaktifkan fitur video call di whatsapp. Dalam hal ini Anda diundang untuk mencoba fitur video call whatsapp, bunyi pesan tersebut, disertai tautan aktivasi dan pengakuan bahwa hanya pengguna terpilih yang bisa mencoba fitur tersebut.

Di sisi lain, Whatsapp tidak pernah memberi syarat apapun untuk melakukan aktivasi video call. Pengguna bisa menggunakan video call dengan cara-cara mudah yang telah dijelaskan oleh whatsapp di fitur tersebut.

Setelah ditelusuri, ternyata Anda akan diarahkan oleh hacker untuk mengunjungi situs berbahaya, sehingga bisa menyerang perangkat Anda. Secara otomatis, akses tersebut akan diblokir oleh browser sehingga memunculkan dugaan bahwa hal itu adalah tindak kehajatan di dunia maya, atau dikenal cyber crime.

Di samping itu, juga muncul pesan lain dengan modus penipuan yang berbeda yaitu menawarkan hadiah dalam rangkan ulang tahun whatsapp ke-10.

Pesan yang muncul tersebut merupakan pesan tiruan dalam whatsapp yang menampilan sebuah rida keberuntungan berhadian iphone 7. Bagi para pengguna yang sudah mendapatkan hadiah, ternyata mereka harus menyebarluaskan pesan sambil melakukan langkah lebih lanjut.

Untuk itu, Anda harus berhati-hati jika menreima pesan yang mencurigakan. Apalagi pesan itu datang dari situs yang tidak dikenal atau bukan situs resmi milik Whatsapp. Situs resmi whatsapp adalah yang beralamatkan di www.whatsapp.com.