Rabu, 09 November 2016

Geevv, Social Search Engine Berbasis Donasi Karya Anak Negeri




Teknounik.com - Azka A. Silmi (21), mahasiswi asal Indonesia yang telah berhasil menciptakan mesin pencari bernama Geevv.com. Mesin pencari karya anak negeri ini berbeda dengan mesin pencari yang telah dulu ada. Mesin pencari Geevv.com ini lebih ditujukan pada kegiatan sosial berbasis donasi digital.

Model bisnis yang dilakukan berupa kegiatan sosial dimana pendapatan iklan sebesar 80 persen akan didonasikan untuk program sosial dengan target pengguna yang spesifik dan tepat sasaran.

"Ini adalah social seacrh engine, bukan local search engine," tutur Azka saat ditemui pada hari Rabu (9/11/2016) di Jakarta. Ia juga menambahkan bahwa Geevv ini memang ditujukan untuk pengguna internet di kalangan yang lebih khusus.

Konsep mekanisme social search engine ini adalah, setiap kata yang diketikkan pengguna di komolom pencarian secara otomatis dikonversi menjadi sumbangan senilai Rp. 10. Angka tersebut disesuaikan dari nilai pembagian antara potensi jumlah iklan dan potensi jumlah pengguna, dikurangi biaya operasional.

Asal uang yang didonasikan diperoleh dari jumlah pencarian oleh pengguna. Untuk sementara ini, pendapatan dana donasi berasal dari investasi modal. Mekanisme ini akan dipraktikan selama tiga bulan sejak 26 September lalu pada versi beta Geevv.

Saat ini adalah waktu untuk melihatrespons publik dan umpan balik yang dibutuhkan. Tujuannya adalah untuk menarik minat sebanyak mungkin pengguna, yang sampai saat ini mencapai 200 ribu pengguna yang sudah memakai Geevv untuk melakukan pencarian di internet sekaligus untuk menyumbangkan donasi.

Selanjutnya, mekanisme donasi ini berasal dari pendapatan iklan yang dipasang di Geevv dan akan dihitung berdasarkan pay per click dan pay per view. Pendapatan dari iklan ini tetap didonasikan sebesar 80% untuk pengembangan program kesehatan, pendidikan, dan kemiskinan.

Azka juga menambahkan bahwa sejumlah program sosial tersebut juga akan dilaksanakan oleh Geevv, jadi tidak hanya sebagai kampanye semata.

Azka sendiri tercatat sebagai Mahasiswi semester IX Program Studi Ilmu Administrasi Fiskal, Universitas Indonesia.
Dalam menjalankan aksi sosialnya, Azka dibantu beberapa temannya yang juga sama-sama sebagai Mahasiswa, diantaranya Andika Deni Prasetya, Mugi Silih Mulyadi (social project management), Hana B. Adiningsih (blog writer), Janu Prasetya (social media & content manager), dan M. Ichlas (administrator).