Rabu, 12 Oktober 2016

Google Resmi Hadirkan Algoritma Google Penguin yang Real Time




Teknounik.com - Google Resmi Hadirkan Algoritma Google Penguin yang Real Time. Google Penguin merupakan sebuah penyaring yang bertugas untuk melakukan pencarian dan menemukan tiap situs yang melakukan tindakan spamming dari hasil pencarian Google. Dimana proses pencarian dan penemuan sebelumnya telah dilakukan oleh Spamming Filter System standar milik Google namun tidak berhasil. Menelusuri kiprahnya sendiri, Penguin mulai diperkenalkan pada tahun 2012 silam dan telah beroperasi dalam kurun waktu berkala.

Cara kerja dari Google Penguin ini ialah menangkap situs-situs yang dianggap sebagai Spammers, kemudian memberikannya hukum berupa sebuah penalty. Situs yang dicekal tersebut akan terkena hukuman meskipun telah melakukan improvisasi hingga update berikutnya berjalan yang biasanya berlangsung selama berbulan-bulan.

Sebelumnya, Google telah menghadirkan update terakhir pada tanggal 17 Oktober 2014. Bahkan pada update tersebut, berbagai situs-situs pun harus siap ketika menunggu sekitar 2 tahun untuk dibebaskan.

Kabar terbaru, para pemilik situs-situs tersebut tak perlu lagi menunggu masa tenggang yang lama. Pasalnya, update terbaru dari Google Penguin telah hadir yang bersifat Real Time. Saat ini, cara kerja dari Algoritma Google Penguin telah menyerupai Algoritma Pencarian Google yang senantiasa merayapi dan mengindeks ulang setiap halamannya. Proses penangkapan oleh algoritma ini tidak terhadap situs secara keseluruhan, melainkan hanya pada bagian yang dianggap spam. Namun halaman yang telah melakukan perbaikan juga akan secara langsung dibebaskan. Algoritma ini akan berlaku seterusnya.

Google Penguin Tidak Lagi Terfokus pada Situs Keseluruhan, Melainkan pada Tiap Halaman
Sebelumnya, Penguin memberlakukan hukuman pada situs secara keseluruhan, namun pada update terbaru ini Google bakal mengungkapkan bahwa ia bakal lebih spesifik pada tiap halamannya. Jika bagian pada halaman tersebut memiliki Backlink yang tidak wajar, maka Google pun akan memberikan penalty pada situs tersebut.

Algoritma Google Penguin Belum Sepenuhnya Real Time
Google memang menyatakan bahwa update tersebut tidak bersifat real time secara sepenuhnya namun kali ini masih memasuki tahap periode bergulir yang tetap. Dalam hal ini, perusahaan mesin pencari tersebut tidak menyatakan waktu tepat dari bergulirnya algoritma Google Penguin, namun nampaknya waktu perguliran dari Google Penguin bakal berlangsung sama dengan waktu bergulirnya robot pencarian dari Google.

Google Tidak Akan Menghadirkan Update Penguin Selanjutnya
Seiring adanya update ini, maka Google tidak akan menghadirkan update penguin selanjutnya. Pasalnya, proses update yang bersifat real time tersebut tidak tetap, sehingga tidak perlu lagi mengumumkan update selanjutnya.