Kamis, 20 Oktober 2016

EV Neo, Motor Listrik dari Honda yang Akan Hadir di Indonesia




Teknounik.com - Sepeda motor berteknologi listrik akan dikembangkan di Indonesia oleh PT. Astra Honda Motor. Proyek ini akan dilakukan PT AHM dengan menggandeng Departemen Perhubungan untuk mempelajari tingkah laku (behavior) yang dilakukan pada September 2016 lalu.

Hal ini seperti apa yang disampaikan oleh Margono Tanuwijaya selaku Direktur Pemasaran AHM pada Rabu (19/10/2016). “Kalau dibilang siap, kami siap. Kan sudah dibilang Honda mau memasarkannya pada 2018. Untuk itu kami butuh hasil penelitian dari behavior pengguna motor listrik itu tadi,”

Honda akan melakukan pengetesan skuter listrik EV Neo di Indonesia terlebih dahulu, karena motor paling laris di Indonesia ada berjenis skuter. Hal ini bertujuan jika teknologi ini mulai dipasarkan Indonesia, maka pengalihan konsumen terhadap teknologi terbaru ini dapat berjalan dengan baik.

Margono juga menambahkan bahwa untuk pengetesan memang memakai motor EV Neo, tetapi teknologinya bisa digunakan untuk bermacam-macam model.

Honda juga perlu melakukan penelitian lebih lanjut, apakah energi sepeda motor itu diisi dengan cas ulang listrik, atau dengan mengganti baterai motor tersebut. Selain itu, AHM juga berharap adanya pengembangan potensi pasar melalui kerjasama dengan PT Telekomunikasi Seluler untuk mempelajari perilaku berkendara motor listrik di Indonesia.

“Itu dia, hasil penelitian ini akan memperlihatkan, apakah idealnya kita kasih cas atau ganti baterai. Masing-masing pilihan ini punya konsekuensi masing-masing, pasokan listrik, tempat jual baterai, semuanya akan berubah nantinya,” kata Margono.

Alternatif yang lain adalah skema share riding akan ditawarkan kepada beberapa perusahaan transportasi di negara ini. Jadi, motor listrik ini akan disediakan di tempat umum dan boleh digunakan oleh siapa saja yang berminat menyewanya.