Jumat, 21 Oktober 2016

Kodak Ekstra, Ponsel Bernuansa Kamera Saku Klasik



Teknounik.com - Kodak Ekstra, Ponsel Bernuansa Kamera Saku Klasik. Kodak akhirnya resmi merilis ponsel keduanya. Ekstra, demikian nama yang disematkan pada ponsel tersebut. Dimana seri tersebut mengusung desain bernuansa klasik dengan penampilan yang hampir serupa dengan kamera saku. Terlihat menonjol, ponsel ini dibekali kamera beresolusi 12 megapiksel yang tertanam di casing belakang.

Mengunggulkan sisi kamera, ponsel besutan Kodak ini dibekali dengan aperture f/2.0 dan didukung sensor Sony IMX230. Sensor ini pada dasarnya telah digunakan oleh ponsel Xperia Z3+ pada tahun 2015 lalu.

Ponsel klasik Ekstra hadir dengan layar berukuran 5 inci beresolusi 1080p dan menjalankan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. Untuk urusan dapur pacunya, Kodak mempercayakannya pada prosesor MediaTek Helio X20 yang ditandemkan dengan RAM berkapasitas 3 GB dan penyimpanan internal berkapasitas 32 GB.

Meskipun membawa merek Kodak, namun ponsel ini pada dasarnya dirancang dan dikembangkan oleh Bullit, sebuah perusahaan yang bermarkas di Inggris. Tak hanya mengembangkan ponsel saku Ekstra, Bullit juga sebelumnya telah merajai pasaran dengan meluncurkan ponsel tahan banting bermerek Cat.

Dilansir dari The Verge, Jumat (21/10/2016), Kodak Ekstra berupaya menonjolkan fotografi sebagai fitur keunggulannya.

Nantinya, pengguna hanya perlu menekan tombol shutter sebanyak dua kali untuk membuka aplikasi kamera. Tombol tersebut juga dapat ditekan setengah untuk memfokuskan pemotretan objek.

Keistiwaan Kodak Ekstra tak sampai disitu saja. Aplikasi kamera yang diusungnya juga dirancang khusus agar memiliki nuansa ala kamera yang sesungguhnya. Ketika membukanya, pengguna akan disuguhkan dengan dial virtual yang berguna untuk memilih mode pemotretan.

Hampir serupa dengan ponsel lainnya, ponsel anyar ini juga dibekali dengan aplikasi Snapseed untuk mendukung sektor fotografi. Dimana aplikasi tersebut berfungsi sebagai alat pengedit foto, aplikasi pencetak foto dan aksesori berupa casing yang berbahan kulit.

Hingga saat ini, ponsel Kodak Ekstra hanya diluncurkan di negera Inggris dan Eropa dengan harga yang cukup mahal, yakni 499 poundsterling atau sekitar RP 7,1 juta.

Sekedar informasi, Ekstra merupakan kamera kedua yang dirilis oleh Kodak. Sedangkan kamera pertamanya ialah IM5 dengan bekalan sistem operasi Android. Ponsel IM5 sendiri telah dipamerkan di ajang Consumer Electronic Show pada tahun lalu.