Jumat, 14 Oktober 2016

Apple Store Pecat 4 Karyawan, Diduga Curi Foto Customer Wanita




Teknounik.com - Apple Store Pecat 4 Karyawan, Diduga Curi Foto Customer Wanita. Belum lama ini, Apple Store di Australia resmi melakukan pemecatan terhadap empat karyawannya. Pemecatan tersebut bukan tanpa alasan. Mereka diketahui telah melakukan pencurian foto-foto pribadi dari iPhone dan perangkat lain yang merupakan milik customer dan staf wanita di perusahaan tersebut.

Tak hanya mengambil foto tanpa izin, keempat karyawan tersebut juga membagikan foto-foto tersebut ke grup. Lebih parahnya lagi, mereka memberi nilai foto tersebut dengan skala 1-10. Dimana skala tersebut didasarkan pada bentuk tubuh wanita dalam foto.

Media lokal The Courier Mail bahkan menuturkan bahwa pencurian foto konsumen dan staf ini merupakan skandal terbesar yang terjadi di Apple Australia. Sebagaimana yang dilansir dari 9To5 Mac, Jumat (14/10/2016).

Tak tanggung-tanggung, lebih dari 100 foto close up milik konsumen dan staf wanita diambil dan dibagikan tanpa izin. Foto-foto tersebut diperoleh dari iPhone milik konsumen yang tengah diperbaiki di Apple Store tersebut.

Peristiwa ini pertama kali diketahui oleh salah seorang staf wanita di Apple Store Carindale. Ia melihat seorang teknisi Apple tengah mengoperasikan dan melihat-lihat iPhone milik konsumen di dalam sebuah ruangan. Akibatnya, empat karyawan pria di Apple Store pun langsun dipecat tanpa pertimbangan apa pun. Bahkan, pihak Apple sendiri secara langsung menunjuk petinggi HRD agar melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Laporan tersebut juga mencatat, diduga peristiwa ini juga terjadi di Apple Store di daerah Australia lainnya, diantaranya Sydney aau Queensland.

"Mereka (karyawan lelaki) melakukan pencurian foto dari perangkat milik konsumen dan diam-diam pula mengambil foto staf perempuan. Salah seorang diantaranya membagikan foto-foto tersebut ke percakapan grup dan anggota grup lainnya melakukan penilaian terhadap bentuk fisik wanita dalam foto tersebut," tutur salah seorang staf.

Lebih lanjut, semua orang merasa tidak nyaman atas peristiwa ini. Bahkan staf wanita pun tak mengerti apa yang harus diperbuat, mengingat pihak pimpinan sendiri masih enggan untuk memberitahui siapa saja staf yang terlibat dalam peristiwa tersebut.

Menanggapi hal ini, Apple secara langsung mengeluarkan pernyataan dan melakukan penyelidikan. Perusahaan memastikan, tiap orang harus diperlakukan secara setara dan penuh akan rasa hormat.

"Apple tidak menoleransi perilaku yang melanggar nilai-nilai kami. Kami sedang menginvestigasi kejadian yang ada di Apple Store di Carindale. Saat ini, beberapa karyawan telah diberhentikan," demikian pernyataan Apple.